Friday, December 15, 2006

KENALILAH KEBAIKAN DIRIMU


Seorang manusia sering kali melakukan suatu perbuatan tanpa disadari, hal itu baru kita rasakan dan disadari ketika lagi termenung atau merefleksikan kejadian-kejadian yang telah lalu. Tapi sayangnya kita jarang sekali melakukan refleksi dalam setiap kejadian yang sudah kita lalui, padahal kalau saja kita mau sedikit berefleksi kita akan mendapatkan banyak hal yang dapat kita pelajari disetiap harinya.

Mencoba merefleksikan diri dalam segala tindakan yang telah kita lakukan merupakan sebagai satu pembelajaran bagi diri kita akan ada banyak hal didalam diri sendiri, namun terkadang mengenali diri bahkan kebaikan dari kita sangatlah tidak mudah, mengapa demikian? Karena sering kali kita selalu bergantung kepada kebaikan orang lain kita jarang mengasah kebaikan kita sendiri, bahkan kita percaya kebaikan orang merupakan kebaikan yang sangat berarti bagi diri kita. Memang betul berarti tapi belum tentu semua kebaikan seseorang itu adalah tulus,, kenapa dikatakan demikian karena kita sering melihat, bahkan merasakan banyak orang yang melakukan kebaikan hanya sebatas kepura-puraan, mengharap imbalan, dapat pengakuan dari banyak orang karena dilihat dapat melakukan kebaikan dan membuat orang lain merasa harus berterimakasih.

Seandainya semua manusia dibumi ini dapat mengenali kebaikan dirinya dengan baik dan dapat mempercayai betul bahwa dirinya adalah baik, mungkin tidak akan pernah ada rasa cemas, kesedihan, ketakutan dalam kehidupan di dunia ini.

Kalau saja kita memiliki hati nurani yang sangat peka maka akan sangat mudah mengenali kebaikan dalam diri kita. Akan tetapi kepekaan hati nurani kita selama ini sering kali terkikis karena ketidak jujuran kita, karena keegoisan kita bahkan karena selalu ada perasaan negative terhadap orang lain. Hati nurani yang diberikan Tuhan sebagai hal yang termulia sangatlah kita sia-siakan karena hanya ingin mementingkan keinginan dan ego kita sendiri. Tidak pernah ada kata terlambat untuk mengenali kebaikan diri kita dengan mempercayai bahwa kita adalah orang yang baik dan kita harus selalu yakin betul bahwa kita bisa menjadi baik bagi diri kita, keluarga, serta masyarakat.

7 comments:

Musafir Muda said...

Hei, Olive Cantik. Aku mengamini sang maestro Socrates yang mengatakan, "Hidup yang tidak pernah direfleksikan adalah hidup yang tidak layak dijalani." Nulis terus dwonk dan jangan lupa mampir di bloggku juga...

Unknown said...

olive

salam kenal
aku masih ingat kamu jadi sie dokumentasi di acara pernas omki 2005 lalu

terus menulis ya...

mampir ke yudhitc.wordpress.com ya...

primatanaka said...

hello Olive, this is my first time to visit this blog. No matter we never met before, the words I found over this writing impressed me much :-)

Keep on looking inside, deep in your heart and mind, find the beauty of who you really are

Nice to meet you in this way
:-)
elis

Qoenang-Qoenang said...

Olive Cantik, ini siluetnya Mas Felix ya? Teruskan perjuanganmu yah... termasuk nulis2nya.

Salam, Ingenya Suko

Felix Iwan Wijayanto said...

Ini blog kok gak pernah nambah sih yach? Ayo Liv .... yg bikin km rame yg cm cuwawakannya .... tp jg tulisannya ... ide2 gila km ditulis donk ....
PR: tulis donk pengalaman bikin konser Iwan Fals barusan ... OK?

[Note: kapan konser Slank??]

kocenk said...

weh keren gw suka dengan bahasanya yg ringan, sederhana tetapi mengena

benar ikhlas dah tulus itu susah sekali tetapi itulah yg membuat damai dan kesabaran yg membantu menjadikan segalanya lebih baik

so buat tante Olive yg katanya caantik salam kenal heheheehe

adwika said...

hai there
nice bu well kenali lah dulu saya... hehehe

c u then